Sponsors

Sabtu, 16 November 2013

Fungsi Modal Dalam Memulai Usaha Maupun Mengembangkan Usaha

Modal menjadi salah satu bagian yang penting dalam memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha. Salah satu jenis modal adalah dalam bentuk uang, sebagai modal awal untuk persiapan memulai  usaha, modal operasional atau kerja untuk menjalankan usaha dalam bentuk alokasi rutin maupun insidental dan berkala serta modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha ketika usaha sudah berjalan lancar

Funsi Modal Usaha, Kegunaan Modal Usaha, Fungsi Modal Bisnis, Kegunaan Modal Bisnis, Modal Usaha, Modal Bisnis, Modal Untuk Memulai Usaha, Modal Untuk Menjalankan Bisnis

Modal usaha dipakai untuk berbagai kepentingan dalam kegiatan bisnis. Berikut ini gambaran tentang alokasi modal usaha :
  • Belanja Bahan Baku Alokasi modal yang paling banyak dipakai untuk usaha produksi ada pada belanja bahan baku. Misalnya bisnis produksi tahu, modalnya banyak dikeluarkan untuk belanja kedelai sebagai bahan baku utamanya. Letak permasalah usaha tahu sebenarnya bukan pada sepinya konsumen melainkan modal usaha dan bahan bakunya.
    Misalnya ketika ingin menaikan jumlah produksinya, pembuat tahu tak bisa memenuhinya dengan alasan modalnya tak cukup. Padahal permintaan pasar sangat besar. Demikian juga ketika modal tersedia, ternyata kedelai tak tiba-tiba menghilang dipasaran. Karena bahan baku tak ada akhirnya produksi tahu jadi terhambat.
    Usaha toko kelontong, modal dipakai untuk belanja dagangan seperti gula, minyak goreng dan lain sebagainya. Pemilik toko biasanya seminggu sekali kulakan ke pasar membeli barang dagangan.
  • Menggaji Pegawai Modal usaha selain untuk belanja barang dagangan juga dipakai menggaji karyawan. Karena karyawan adalah beban usaha dan bentuk dari tanggungjawab pemilik usaha yakni menggaji sesuai dengan jumlah yang disepakati perbulannya. Demikian juga untuk membayar berbagai tunjangan diluar gaji seperti uang makan, tunjangn anak dan istri. Cadangan dana untuk bayar gaji pegawai harus ada setiap bulan.
  • Membayar Tagihan Bulanan Alokasi modal usaha juga digunakan untuk membayar tagihan bulanan yang berkaitan dengan produksi misalnya tagihan listrik, telpon, retribusi. Itu bagian dari pengeluaran bulanan yang termasuk alokasi dana modal.
  • Sebagai Cadangan Modal Selain itu modal usaha disisihkan untuk dana cadangan, dan dipakai pada waktu-waktu tertentu ketika Anda harus meningkatkan produksi usahanya karena permintaan pasar. Misalnya menjelang hari raya, mendapatkan pesanan partai besar dan lain sebagainya. Menjalankan bisnis pasti ada siklus bisnisnya, kadang sepi tapi dilain hari ramai pembeli. Untuk mengantisipasi hal demikian, pelaku bisnis biasanya menyimpan cadangan modalnya.
  • Sewa Tempat Usaha Tempat usaha merupakan syarat kedua yang tak kalah pentingnya dalam sebuah bisnis. Modal dan tempat usaha saling ketergantungan. Memilih tempat usaha yang strategis tentu butuh kekuatan capital yang besar pula. Demikian juga seumpamanya Anda tak memiliki modal besar maka cukup menjalankan bisnis Anda dari rumah saja bukan.
Jadi kekuatan modal menentukan besar kecilnya sebuah bisnis. Sangat sulit menaikan omzet penjualan tanpa ada penambahan capital di sana. Oleh karena itu modal menjadi perkara yang penting untuk dibicarakan dan menjadi prioritas yang secepatnya direalisasikan.

<!--moveads 600-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar